Buamona, Rati (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIQSAW PADA MATERI KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX-7 DI SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (35kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (86kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (258kB) |
Abstract
RatiBuamona,2024. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Lerning Tipe Jiqsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Keberagaman Masyarakat Indonesia Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika Kelas IX-7 SMP Negeri 4 Kota Ternate. Dibimbing oleh: Jainudin Abdullah, S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Irwan Djumat, S.Ag.,M.Pd selaku pembimbing II. Peneltian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jiqsaw pada materi keberagaman masyarakat indonesia dalam bingkai bhinek tunggal ika dikelas IX-7. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas IX-7 SMP Negeri 4 Kota Ternate setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jiqsaw. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan tidakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection) yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX-7 SMP Negeri 4 Kota Ternate, yang berjumlah 20 peserta didik. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah untuk menentukan ketuntasa hasil belajar peserta didik secara individual, dan untuk menentukan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal dan menghitung data presentase hasil observasi guru dan peserta didik. This research aims to (1) To describe the process of applying the Jiqsaw Type Cooperative Learning model to material on the diversity of Indonesian society within the framework of diversity in class IX-7. (2) To describe the increase in learning motivation of students in class IX-7 of SMP Negeri 4 Ternate City after using the Jiqsaw Type Cooperative Learning learning model. The approach in this research is a qualitative approach with the type of classroom action research (PTK), which was carried out in two cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, action implementation, observation and reflection which refers to the Kemmis and Taggart model. The research subjects were students in class IX-7 of SMP Negeri 4 Ternate City, totaling 20 students. The data analysis technique in this research is to determine the completeness of student learning outcomes individually, and to determine the completeness of student learning classically and calculate the presentation of data from teacher and student observations. Kata Kunci: Peningkatan, Coopeeative Learning Tipe Jiqsaw, PPKn
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Ppkn Q Science > QH Ppkn |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:12 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:12 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |