PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIQSAW PADA MATERI KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX-7 DI SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE

Buamona, Rati (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIQSAW PADA MATERI KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX-7 DI SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (35kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB)

Abstract

RatiBuamona,2024. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Lerning Tipe Jiqsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Keberagaman Masyarakat Indonesia Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika Kelas IX-7 SMP Negeri 4 Kota Ternate. Dibimbing oleh: Jainudin Abdullah, S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Irwan Djumat, S.Ag.,M.Pd selaku pembimbing II. Peneltian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jiqsaw pada materi keberagaman masyarakat indonesia dalam bingkai bhinek tunggal ika dikelas IX-7. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas IX-7 SMP Negeri 4 Kota Ternate setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jiqsaw. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan tidakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection) yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX-7 SMP Negeri 4 Kota Ternate, yang berjumlah 20 peserta didik. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah untuk menentukan ketuntasa hasil belajar peserta didik secara individual, dan untuk menentukan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal dan menghitung data presentase hasil observasi guru dan peserta didik. This research aims to (1) To describe the process of applying the Jiqsaw Type Cooperative Learning model to material on the diversity of Indonesian society within the framework of diversity in class IX-7. (2) To describe the increase in learning motivation of students in class IX-7 of SMP Negeri 4 Ternate City after using the Jiqsaw Type Cooperative Learning learning model. The approach in this research is a qualitative approach with the type of classroom action research (PTK), which was carried out in two cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, action implementation, observation and reflection which refers to the Kemmis and Taggart model. The research subjects were students in class IX-7 of SMP Negeri 4 Ternate City, totaling 20 students. The data analysis technique in this research is to determine the completeness of student learning outcomes individually, and to determine the completeness of student learning classically and calculate the presentation of data from teacher and student observations. Kata Kunci: Peningkatan, Coopeeative Learning Tipe Jiqsaw, PPKn

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Ppkn
Q Science > QH Ppkn
Divisions: Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:12
Last Modified: 24 Sep 2025 06:12
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5632

Actions (login required)

View Item View Item