IMPLEMENTASI NILAI NILAI DEMOKRASI DI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

Malik, Sahlan (2024) IMPLEMENTASI NILAI NILAI DEMOKRASI DI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (167kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (80kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (155kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

Sahlan Malik 2024 “Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Di SMA Negeri 5 Kota Ternate” Dibawah bimbingan Dr. Mohtar Kamisi S.Pd., M.Si salaku bimbingan I dan Nani I Rajaloa, S.P d., M.Pd selaku bimbingan II. Menerapkan nilai-nilai demokrasi kepada siswa secara sadar dan terencana, siswa dapat belajar lebih banyak tentang nilai-nilai yang seharusnya membangun sikap dan perilaku sebagai manusia dalam hidup individu dan masyarakat. Selain itu, akan membuat siswa tumbuh menjadi individu yang memahami sopan santun, mampu menghargai diri sendiri dan orang lain, hormat terhadap martabat manusia, dan memiliki nilai moral dan rohani. Penelitian ini berfokus pada (1) bagaimana nilai-nilai demokrasi diterapkan di SMA Negeri 5 Kota Ternate dan (2) faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai demokrasi di SMA Negeri 5 Kota Ternate. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana nilai-nilai demokrasi diterapkan di SMA Negeri 5 Kota Ternate dan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai demokrasi di SMA Negeri 5 Kota Ternate. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif dan dilakukan di kelas XI IPA 2 SMA N 5 Kota Ternate. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru PPKn, dan siswa di kelas tersebut. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan kesimpulan, unitilisasi dan kategorisasi data (menampilkan data), dan reduksi data (menurunkan data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA N 5 Kota Ternate, nilai-nilai demokrasi termasuk kebebasan berpendapat, kebebasan berkelompok, kebebasan berpartisipasi, kerja sama, dan kepercayaan. Siswa sebenarnya telah menanamkan nilai-nilai demokrasi; mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah membantu siswa menjadi siswa demokratis. Menanamkan prinsip demokrasi tidak terlepas dari peran guru dan kepala sekolah, yang selalu mendorong guru dan siswa untuk menerapkan prinsip-prinsip demokrasi di lingkungan sekolah mereka. Faktor-faktor yang mendukung penanaman nilai-nilai demokrasi di SMA Negeri 5 Kota Ternate termasuk pendidik, sarana dan prasarana, serta kepemimpinan. Faktor-faktor yang menghambat penanaman nilai-nilai demokrasi termasuk faktor lingkungan, kurangnya perhatian orang tua, dan kurangnya keinginan siswa untuk belajar. Kata Kunci : Sekolah, Memahami, Nilai-Nilai, Demokrasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Ppkn
Q Science > QH Ppkn
Divisions: Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:12
Last Modified: 24 Sep 2025 06:12
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5634

Actions (login required)

View Item View Item