IMPLEMENTASI APE SMART NUMBER BOTTLE DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA 9 TIDORE

M.Rato, Julfaratih (2024) IMPLEMENTASI APE SMART NUMBER BOTTLE DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA 9 TIDORE. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (17kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK BAHASA INGGRIS DAN BAHASA INDONESIA.pdf] Text
D. ABSTRAK BAHASA INGGRIS DAN BAHASA INDONESIA.pdf - Published Version

Download (143kB)
[thumbnail of F. 1. BAB I.pdf] Text
F. 1. BAB I.pdf - Published Version

Download (269kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB)

Abstract

Julfaratih M.Rato 2023. Implementasi APE Smart Number Bottle Dalam Mengenal Konsep Bilangan Di Kelompok B TK Negeri Pembina 9 Tidore. Pembimbing (1) Fatoni Achmad S.Pd.I., M.Pd.I (2) Nurhamsa Mahmud, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi APE smart number bottle dalam mengenal konsep bilangan di Kelompok B TK Negeri Pembina 9 Tidore. Metode penelitian adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 19 anak, kepala sekolah, dan guru kelas B1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi smart number bottle dalam mengenal konsep bilangan di kelompok B TK Negeri Pembina 9 Tidore telah berjalan dengan baik Proses implementasi smart number bottle dalam mengenal konsep bilangan yang dilakukan yaitu : (a) Membilang angka 1-10. Dimulai dengan kegiatan bernyanyi dan anak akan bersama-sama maupun secara perorangan membilang angka 1-10 yang tertera di smart number bottle. (b) Menyebutkan urutan bilangan. Anak akan diminta oleh guru untuk maju kedepan menyebutkan urutan bilangan dari 1-10 sambil menunjuk ke angka yang disebutkan. (c) Membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda. Anak akan diminta oleh guru untuk maju kedepan dan mengurutkan stik bergambar dari smart number bottle yang dimulai dengan urutan 1 stik sampai dengan 10 stik. (d) Menghubungkan konsep dengan lambang bilangan. Anak akan diminta oleh guru maju kedepan dan menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan atau angka dengan stik pada smart number bottle dan (e) Memahami konsep sama, lebih banyak, dan lebih sedikit. Guru membuat jumlah dari dua benda yang berbeda yaitu stik smart number bottle dan penutup botol dengan konsep benda yang lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak, dan anak akan ditanyakan satu per satu tentang konsep yang dibuat oleh guru. Kata kunci : Smart Number Bottle, Konsep Bilangan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:44
Last Modified: 24 Sep 2025 06:44
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5643

Actions (login required)

View Item View Item