PERAN GURU PPKn DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM 1 KOTA TERNATE

Manan, Wahyuda (2024) PERAN GURU PPKn DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (104kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (158kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (158kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13kB)

Abstract

Wahyuda Manan (2024) “ Peran Guru PPKn Dalam Memberikan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Islam 1 Kota Ternate”. Dibawah bimbingan sebagai pembimbing I Hasmawati, S.Ag.,M.Pd, dan Pembibing II Dr. Rustam Hasim, M.Hum,. M.Pd Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Islam 1 Kota Ternate. PPKn memiliki peran krusial dalam membentuk sikap kebangsaan, memperkuat identitas keislaman, dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru PPKn, dan kuesioner kepada siswa untuk mendapatkan pandangan mereka tentang motivasi belajar dan peran guru PPKn. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn di SMP Islam 1 Kota Ternate memiliki berbagai strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, seperti penggunaan metode pembelajaran yang interaktif, penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta memberikan contoh nyata dari nilai-nilai tersebut melalui kegiatan di kelas. Siswa menunjukkan respons positif terhadap pendekatan ini, yang membantu mereka menginternalisasi nilai-nilai kebangsaan dan menguatkan identitas keislaman mereka. dan pembahasan dapat disimpulah bahwa peran guru PPKn tidak hanya terbatas pada pengajaran materi akademik, tetapi juga sebagai agen motivasi yang mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan terus-menerus dalam pelatihan guru PPKn untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menginspirasi dan memberdayakan siswa dalam mencapai potensi belajar mereka secara optimal. Kata Kunci: Pengaruh guru terhadap motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Ppkn
Q Science > QH Ppkn
Divisions: Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 25 Sep 2025 00:15
Last Modified: 25 Sep 2025 00:15
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5659

Actions (login required)

View Item View Item