ANALISIS PENGGUNAAN METODE FONIK DALAM PENGENALAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD PEMBINA 7 KOTA TERNATE

Hasan, Nimayansari (2024) ANALISIS PENGGUNAAN METODE FONIK DALAM PENGENALAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD PEMBINA 7 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (30kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK BAHASAN INDOESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf] Text
D. ABSTRAK BAHASAN INDOESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (276kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79kB)

Abstract

Nimayansari Hasan. 2024. Analisis Penggunaan Metode Fonik Dalam Pengenalan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Pembina 7 Kota Ternate. Dosen Pembimbing I : Bahran Taib, S.Psi.,M.Si dan Pembimbing II : Umikalsum Arfa, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode fonik dalam pengenalan membaca pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Pembina 7 Kota Ternate. Subjek Penelitian ini adalah 3 guru dan 22 orang peserta didik kelompok B di PAUD Pembina 7 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan penelitian desktriptif kualitatitif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis sata terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis Penggunaan Metode Fonik Dalam Pengenalan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Pembina 7 Kota Ternate dengan 3 indikator yakni: Indikator 1) Kemampuan mencocokkan kartu, terdapat 21 anak mampu mencocokkan kartu dan 1 anak masih memerlukkan bantuan guru; Indikator 2) Kemampuan menyebut huruf, terdapat anak mampu menyebutkan huruf dengan sangat baik, 11 anak mampu menyebutkan huruf namun perlu pendampingan dari guru, dan 2 anak masih belum mampu identifikasi semua huruf. Indikator 3) Kemampuan menganalisis huruf; 8 anak berkembang sangat baik, 8 anak berkembang sesuai harapan dan 2 anak masih mulai berkembang dan masih membutuhkan pendampingan dari guru. Kata Kunci : Metode Fonik, Pengenalan Membaca, Anak Usia 5-6 Tahun

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 30 Sep 2025 00:52
Last Modified: 30 Sep 2025 00:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5678

Actions (login required)

View Item View Item