ANALISIS GANGGUAN PSIKOLOGIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PROSES BELAJAR DI PAUD TELKOM KOTA TERNATE

Agus, Sarni (2024) ANALISIS GANGGUAN PSIKOLOGIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PROSES BELAJAR DI PAUD TELKOM KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (123kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
D. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of F. 1 BAB I.pdf] Text
F. 1 BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)

Abstract

Sarni Agus, 2023. Gangguan Psikologis Anak Berkebutuhan Khusus dalam Proses Belajar di PAUD Telkom Kota Ternate, Pembimbing: Rita Samad, S.Pd., M.Pd dan Bahran Taib S.Si, M.Si. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gangguan psikologi anak berkebutuhan khusus dalam proses belajar di PAUD Telkom Kota Ternate. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif subyek dalam penelitian ini adalah sebanyak 2 orang guru serta 1 kepala sekolah dan 4 orang anak berkebutuhan khusus. Pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi mengenai gangguan psikologi anak berkebutuhan khusus dalam proses belajar, wawancara dengan menggunakan observasi serta dokumentasi yang bertujuan untuk melengkapi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ganguan psikologi anak berkebutuhan khusus terlihat dengan 5 indikator yakni: 1) Intensi; terdapat 4 anak memperlihatkan perilaku yang senang menyediri ketika bermain dengan temannya yang lain, keempat anak tersebut tidak mau bergabung dengan temannya ketika bermain, anak lebih senang ketika sendiri. Indikator 2) Hiperaktif; terdapat 4 anak memerlihatkan perilaku yang hiperaktif, anak tersebut tidak biasa diam ketika didalam kelas, anak senang mondar mandir dalam kelas, buat keributan, berbicara dengan semaunya dan suka menunjuk-nunjuk sesuatu benda yang ada didalam kelas. Sedangkan 1 anak dintaranya masih memperlihatkan perilaku yang tenang dan tidak membuat keributan dalam kelas. Indikator 3) Implusive; terdapat 4 anak tersebut tidak menunjukan perilaku yang implusive. Keempat anak tersebut selalu tenang dalam kelas, anak tersebut tidak merampas mainan milik temannya, ketika anak tersebut ingin mainan maka dia meminjamnya. Indikator 4) Sikap Menantang; terdapat 4 anak anak tersebut tidak menunjukan perilaku sikap menantang, keempat anak tersebut ketika dikelas anak tidak melanggar aturan, anak selalu fokus dalam belajar dikelas dan senang menggambar, anak tidak memiliki masalah dengan temannya. Indikator 5) Cemas; terdapat 4 anak tersebut menunjukan perilaku yang tidak cemas ketika berada didalam kelas dan bersama dengan temannya, anak tersebut cenderung lebih banyak diam dan menyendiri ketika berada dengan temannya. Kata Kunci: Gangguan Psikologis, Anak, Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 30 Sep 2025 23:53
Last Modified: 30 Sep 2025 23:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5705

Actions (login required)

View Item View Item