Rustam, Sukirna (2024) ANALISIS PENERAPAN METODE STORY TELLING DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI PAUD PEMBINA 7 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (99kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version Download (266kB) |
![]() |
Text
F. 1 BAB I.pdf - Published Version Download (173kB) |
![]() |
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (166kB) |
Abstract
Sukirna Rustam, 2024. Analisi Penerapan Metode Story Telling Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Pembina 7 Kota Ternate. Pembimbing Bahran Taib.,S.Psi.,M.Si dan Umikalsum Arfa.,S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode story telling pada perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD Pembina 7 Kota Ternate. Metode penelitian ini adalah kulitatif deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang guru, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerapan metode story telling yang dilakukan yaitu: indikator 1) menggungkapkan bahasa terdapat, terdapat 2 dari 50 anak belum memilik sikap percaya diri dan masih pemalu ( anak hanya duduk diam, tidak mau berbicara maupun mengekspresikan keinginannya). Indikator 2) menceritakan kembali isi cerita secara sederhana, terdapat 3 dari 50 anak belum bisaa menceritakan kembali cerita walaupun dengan menggunakan bahasanya sendiri ( anak hanya duduk diam dan tidak bereaksi apa apa ketika ditanya guru). Indikator 3) memahami bahasa, terdapat 3 dari 50 anak belum bisa memahami bahasa (anak masih tampak bingung dengan apa yang disampaikan atau diceritakan guru). Indikator 4) mengulang kalimat yang lebih kompleks, terdapat 4 adari 50 anak belum bisa mengulang kalimat yang lebih kompleks ( anak mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan secara terperinci dan pemahaman anak tentang tema yang dijelaskan oleh guru sangat terbatas). Indikator 5) melaksanakan perintah yang lebih kompleks sesuai dengan aturan, terdapat 4 dari 50 anak bkesulitan menjalanjakan perintah guru (anak tidak bisa ketika guru menyuruh menggambar binatang sesuai dengan tema). Dalam menyikapi hal ini guru tetap optimis dalam mengajarkan kepada anak dan tetap meberikan motivasi, mengajarkan dengan cara berulang-ulang sampai semua anak dapat memahami apa yang disampaikan guru, sehingga semua anak dapat berpartisipasi dan bereaksi. Kata Kunci: Penerapan Metode Story Telling, Dalam Pengembangan Bahasa Anak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QM PG-Paud Q Science > QM PG-Paud |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan PG Paud Fakultas > Pendidikan PG Paud Fakultas > Pendidikan PG Paud |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:41 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:41 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |