PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA GURU KELAS 2 SD NEGERI 23 KOTA TERNATE

Tokoes, Aprianti Pusparini (2024) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA GURU KELAS 2 SD NEGERI 23 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUA.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUA.pdf - Published Version

Download (252kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB)

Abstract

Aprianti Pusparini Tokoes, 2023, Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Pada Guru Kelas 2 SD Negeri 23 Kota Ternate. Dibimbing oleh Kodrat Hi Karim, S.Pd.,M.Pd Sebgai pembimbing I dan Dr. Samsu Somadayo, S.Pd.,M.Pd Sebagai pembimbing II Tujuan Penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui kemampuan guru kelas 2 dalam menyusun perencanaan pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Negeri 23 Kota Ternate, (2) untuk mengetahui kemampuan guru kelas 2 dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Negeri 23 Kota Ternate, (3) bagimana solusi guru kedepannya dalam mengatasi permasalahan pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Negeri 23 Kota Ternate. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif data diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi teknik analisis data (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) kesimpulan. Hasil penelitian di SD Negeri 23 Kota Ternate berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan pada guru kelas 2 menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran tematik sudah diterapkan dengan sebagaimana mestinya pelajaran saling berkaitan dan mengarah pada tema yang digunakan dalam pembelajaran. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran guru mendapat hambatan dalam menciptakan suasana kelas pembelajaran yang berpusat kepada siswa dikarenaka siswa kelas 2 belum mandiri dan guru juga kesulitan dalam mencari metode yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Solusinya untuk kedepan guru harus lebih memperhatikan permasalahan apa yang terjadi di kelas dan mengikuti banyak pelatihan pengelolaan kelas sehingga kedepannya ada perubahan yang lebih baik Kata kunci : Pelaksanaan dan Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:41
Last Modified: 01 Oct 2025 01:41
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5717

Actions (login required)

View Item View Item