PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SUBSEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2019-2023

Safiu, Riska N. (2024) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SUBSEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2019-2023. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (400kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (547kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (650kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (486kB)

Abstract

Riska N. Safiu 2024. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Ukuran perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Ketua Komisi Pembimbing: Muhammad Asril Arilaha. Anggota Komisi: Rusandry. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan subsektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2023. Sampel penelitian sebanyak 16 perusahaan diperoleh melalui teknik purposive sampling, menghasilkan 80 data pengamatan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, hanya profitabilitas yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. variabel leverage, likuiditas dan ukuran perusahaan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun, secara simultan, keempat variabel tersebut secara signifikan mempengaruhi nilai perusahaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa investor pada subsektor food and beverage di BEI lebih memprioritaskan perusahaan dengan kinerja profitabilitas yang baik. Kinerja keuangan yang solid, terutama yang ditunjukkan oleh profitabilitas, menjadi faktor utama yang mendorong peningkatan nilai perusahaan. Temuan ini memberikan implikasi bagi manajemen perusahaan, investor, dan pemangku kepentingan lainnya. Manajemen perusahaan perlu fokus pada peningkatan profitabilitas untuk meningkatkan nilai perusahaan di mata investor. Investor dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu pertimbangan dalam mengambil keputusan investasi, dengan lebih memperhatikan perusahaan yang memiliki kinerja profitabilitas yang baik. Kata Kunci: Profitabilitas, leverage, likuiditas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan, subsektor makanan dan minuman, BEI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas > Ekonomi Management
Fakultas > Ekonomi Management
Fakultas > Ekonomi Management
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 01 Oct 2025 00:57
Last Modified: 01 Oct 2025 00:57
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5728

Actions (login required)

View Item View Item