PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUB TEMA 1 SUMBER ENERGI KELAS IV SD NEGERI 50 KOTA TERNATE

Umasugi, Hasyuyun (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUB TEMA 1 SUMBER ENERGI KELAS IV SD NEGERI 50 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (180kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (321kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB)

Abstract

HasyuyunUmasugi,2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Sub Tema 1 Sumber Energi Kelas IV SD Negeri 50 Kota Ternate. Dibimbing oleh: Dr.Samsu Somadayo, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Eko Purnomo, S.Pd. M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk dapat mengetahui proses menggunakan model Problem Based Learning dapat memberikan pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 50 Kota Ternate pada tema 2 subtema 1 sumber energi. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IV SD Negeri 50 Kota Ternate pada tema 2 subtema 1 sumber energi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 50 Kota Ternate, yang berjumlah 25 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, melalui penerapan model PBL, terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada Tema 2 Sub Tema 1 Sumber Energi Kelas IV SD Negeri 50 Kota Ternate. Peningkatan hasil belajar siswa pada tahap siklus I terdapat 11 siswa yang mencapai nilai sesuai indikator keberhasilan dan standar KKM dari sekolah, dengan persentase 44%, sementara 14 siswa dinyatakan belum mencapai nilai sesuai indikator dan standar KKM dari sekolah, dengan persentase 56%. Hal inipun terjadi pada aktivitas guru (69,44%) dan aktivitas siswa (62,80%). Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yakni dimana terdapat 22 siswa mencapai nilai dengan persentase 88% dan 3 siswa yang belum mencapai nilai sesuai dengan standar KKM dari sekolah, dengan persentase 12%, begitupun aktivitas guru meningkat menjadi (97,22%), dan aktivitas siswa meningkat menjadi (80.40%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 50 Kota Ternate secara signifikan. Kata Kunci :Peningkatan, Problem Based Learning, Sumber energi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:42
Last Modified: 01 Oct 2025 01:42
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5734

Actions (login required)

View Item View Item