Halir, Marni (2024) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS RENDAH SD NEGERI 52 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (199kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (176kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (189kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (229kB) |
Abstract
Marni Halir, 2024. Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Kelas Rendah SD Negeri 52 Kota Ternate. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun. Dibimbing oleh Suhardi Abdullah,S.Pd.,M.Hum dan Dr Samsu Somadayo,S.Pd.,M.Pd. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran inovatif yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Masalah penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas rendah SD Negeri 52 kota ternate ? Apa saja kendala-kendala dan solusi yang dihadapi guru pada saat pembelajaran tematik pada kelas rendah SD Negeri 52 Kota Ternate? Penelitian ini tergolong dalam pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, yang berisi kutipan-kutipan dari hasil yang diperoleh dari penelitian, bertujuan untuk meneliti fenomena yang ada kepada subyek penelitian yang sangat diutamakan adalah mengungkap makna, Jenis penelitian ini menggunakan penelitian teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas rendah SD Negeri 52 Kota Ternate pelaksanaan pembelajaran tematik, guru harus membuat kegiatan yang didalamnya memberikan kesempatan pada siswa untuk berperan aktif dalam seluruh kegiatan. Seluruh kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk menjawab dan bertanya. Dalam melaksanakan pembelajaran tematik di sekolah dasar, guru perlu menguasai berbagai macam kegiatan yang menarik. Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan materi yang kurang ia pahami. (2) kendala-kendala dan solusi yang dihadapi guru pada saat pembelajaran tematik pada kelas rendah SD Negeri 52 Kota Ternate meliputi kendala (a) konsep pembelajaran tematik yang diterima oleh sebagian guru melalui penataran atau penyuluhan sangat bersifat teoritis sangat kurang bukti praktis. (b) bentuk pelaporan hasil penilaian pembelajaran tematik, murni masih bersifat per mata pelajaran belum berstandart tematik. (c) kurang tersedianya bahan ajar, (d) kesiapan siswa dalam menerima pembelajaran tematik ini masih belum difahami karena untuk mengenalkan kepada siswa sangat sulit. Adapun solusi yang ditempuh guru dalam mengatasi kendala tersebut, yaitu (a) adanya pendidikan dan pelatihan, seminar atau workshop yang disesuaikan dengan kebutuhan para guru, diskusi dengan para guru kelas serta mengadakan pembahasan dalam kelompok kerja guru (KKG) baik di Madrasah maupun di Sekolah Dasar.(b) pada masa mendatang diupayakan buku penunjang tambahan khusus yang memuat bahan ajar yang sesuai dengan pembelajaran tematik. (c) pentingnya kreatifitas guru untuk menggunkan metode, media yang sesuai dengan pembahasan materi. Kata Kunci: Pelaksanaan,Penilaian,Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:53 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 06:53 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |