ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 48 KOTA TERNATE

Isnaini, Rani (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 48 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (356kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB)

Abstract

Rani Isnaini 2024. Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 48 Kota Ternate. Dibimbing Oleh: Suhardi Abdullah, S.Pd.,M.Hum Dan Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd.,M,Pd. Penelitian ini adalah adanya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 48 Kota Ternate. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman, faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 48 Kota Ternate. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 48 Kota Ternate dengan jumlah siswa 14 siswa dapat ditarik kesimpulan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan kategori cukup dengan nilai ((71-80) terdapat 3 siswa yang mencapai dengan angka persentasi (21,42%) sedangkan siswa yang kategori kurang dengan nilai (61-70) yaitu berjumlah 7 siswa angka persentasi (50%) dan siswa dengan kategori sangat kurang dengan nilai (60) terdapat 4 siswa yang mencapai dengan angka persentasi (28,57%) . Oleh karena itu dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 48 Kota Ternate tergolong kurang. Apapun faktor- faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman antara lain: 1) faktor psikologis, faktor ini meliputi minat, motivasi, emosi dan percaya diri 2) faktor lingkungan, faktor ini meliputi latar belakang dan pengalaman siswa di rumah dan perhatian orang tua, 3) faktor fisiologis, faktor ini mencakup kondisi atau kesehatan fisik, gangguan pada alat bicara, alat pendengar, dan alat penglihatan. Kata Kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman Analisis Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:53
Last Modified: 02 Oct 2025 06:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5748

Actions (login required)

View Item View Item