La Sudi, Selfiana (2024) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENENTUKAN IDE POKOK PADA PARAGRAF TEKS BACAAN KELAS V SD NEGERI 47 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (187kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (258kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (325kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (333kB) |
Abstract
Selfiana La Sudi 2024. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menentukan Ide Pokok Pada Paragraf Teks Bacaan Kelas V SD Negeri 47 Kota Ternate. Dibimbing Oleh : Bapak Dr. Samsu Somadayo, S.Pd.,M.Pd Selaku Pembimbing I dan Ibu Darmawati Hadi S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan melakukan penelitian ini (1). Untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan siswa kelas V SD Negeri 47 Kota Ternate menentukan ide pokok pada paragraf dalam sebuah teks, (2). Apakah bentuk-bentuk kesulitan yang di alami oleh siswa kelas V SD Negeri 47 Kota Ternate dalam menentukan ide pokok. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode obsevasi, wawancara, dokumentasi. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah 15 siswa. Penelitan ini merupakan penelitian analisis. Anailisis adalah aktivitas objek dengan cara mendiskripsikan komposisi objek dan menyusun kembali komponen komponen untuk di kaji atau di pelajari secara detail. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas V Sd Negeri 47 Kota Ternate yang berjumlah 15 siswa. Metode yang di gunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan tektik pengumpula data berupa (1). Observasi Peneliti dapat memaparkan hasil penelitian setelah peneliti melakukan (1) observasi, (2). Tes dan (3). Wawancara kepada responden (Guru kelas 5 dan siswa kelas 5). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SD Negeri 47 Kota Ternate yaitu kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf pada siswa kelas V “Belum Baik” karena dari 15 siswa ada siswa yang belum mampu menentukan ide pokok pada suatu paragraf. Hal ini dapat di lihat ketika pembelajaran berlangsung. faktor-faktor yang menghambat siswa dalam menentukan ide pokok paragraf yaitu siswa malas belajar dan banyak bermain dalam proses pembelajaran berlangsung. Kata Kunci : kesulitan belajar, siswa, ide pokok, paragraf
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:53 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 06:53 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |