ANALYSIS OF SPEECH ACTS USED BY CONTENT CREATORS IN ENDORSEMENT VIDEOS OF BEAUTY PRODUCTS

., HAJAR (2024) ANALYSIS OF SPEECH ACTS USED BY CONTENT CREATORS IN ENDORSEMENT VIDEOS OF BEAUTY PRODUCTS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of I. BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
I. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Hajar, 2024. “Analisis Tindak Tutur Yang Digunakan Oleh Konten Kreator Pada Video Endorsement Produk Kecantikan” (Berdasarkan Pendekatan Pragmatik) (Dibimbing Oleh Sartika Putri Sailuddin dan Sutisno Adam) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk tindak tutur yang digunakan oleh konten kreator pada video endorsement produk kecantikan di platform Tiktok. Analisis yang dilakukan akan menjelaskan secara detail jenisjenis tindak tutur, tindak tutur dominan yang digunakan, dan fungsi tindak tutur yang digunakan oleh konten kreator pada video endorsement. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Pendekatan analisis yang digunakan adalah pendekatan pragmatik dengan menerapkan teori tindak tutur J.L. Austin (1962). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten kreator menggunakan berbagai bentuk tindak t rmasuk tindak tutur lokusi dan ilokusi, serta tindak tutur perlokusi yang identifikasi melalui media kolom komentar akun konten kreator untuk melihat efek atau dampak tuturan penutur terhadap mitra tutur. Tindak tutur yang dominan digunakan adalah tindak tutur direktif yang digunakan untuk mempengaruhi perilaku dan keputusan audiens dalam hal pembelian produk yang di promosikan oleh konten kreator. Adapun fungsi tindak tutur yang digunakan konten kreator pada video endorsement terbagi menjadi fungsi lokusi yaitu untuk menyampaikan informasi dan mendeskripsikan informasi produk, fungsi asertif untuk memberikan pernyataan dan klaim yang faktual, serta fungsi direktif untuk memberikan rekomendasi dan perintah. Selain itu, tindak tutur ekspresif juga digunakan untuk memberi apresiasi atau pujian terhadap produk kecantikan yang diendorse. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang strategi komunikasi yang efektif dalam video endorsement produk kecantikan di platform TikTok. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya memahami peran tindak tutur dalam mempengaruhi persepsi dan respons audiens dalam konteks pemasaran digital. Studi selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan melibatkan sampel yang lebih luas dan lebih beragam untuk x mendalami lebih dalam tentang tindak tutur yang digunakan oleh konten kreator dalam video endorsement. Kata kunci: tindak tutur, konten kreator, video endorsement, produk kecantikan, TikTok, pendekatan pragmatic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Inggris
Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Inggris
Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Inggris
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 09 Oct 2025 06:38
Last Modified: 09 Oct 2025 06:39
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5972

Actions (login required)

View Item View Item