SALURAN PEMASARAN KOMODITI PEPAYA (Carica Papaya L.) DI KECAMATAN TOBELO TENGAH KABUPATEN HALMAHERA UTARA

RATIF, YUSNI ODE (2024) SALURAN PEMASARAN KOMODITI PEPAYA (Carica Papaya L.) DI KECAMATAN TOBELO TENGAH KABUPATEN HALMAHERA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of D. ABSTRAK.pdf] Text
D. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pola saluran pemasaran dan marjin pemasaran pepaya di Kecamatan Tobelo Tengah Halmahera Utara.Saluran pemasaran yang terdapat di Kecamatan Tobelo Tengah memilki dua saluran pemasaran, yaitu saluran pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung. Dimana, saluran pemasaran langsung merupakan saluran pemasaran yang dilakukan oleh petani buah pepaya langsung ke konsumen akhir sedangkan, saluran pemasaran tidak langsung merupakan saluran yang dilakukan oleh petani buah pepaya dengan menggunakan perantara pedagang besar atau pedagang kecil sehingga dapat sampai ke konsumen akhirmetode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada petani pepaya dan pedagang.analisis data yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu diidentifikasi 3 tipe saluran pemasaran pepaya Di Kecamatan Tobelo Tengah yaitu diantaranya saluran I yaitu petani menjual hasil produksi pepaya langsung ke konsumen akhir dengan cara menjual pepaya didepan rumah mereka, saluran II yaitu petani menjual pepaya menggunakan jasa Pedagang Pengecer Desa yang menjual langsung ke Konsumen Akhir dan saluran III yaitu petani menjual pepaya menggunakan jasa pedagang pengmpul kabupaten yang menjual ke pedagang pengecer Kota Ternate. Sementara pedagang pengecer kota Ternate menjual langsung ke konsumen akhir.Hasil perhitungan Margin saluran pemasaran pepaya di Kecamatan Tobelo Tengah Kabupaten Hahmahera Utara yaitu perantara pedagang pada saluran pemasaran yang memiliki nilai margin yang paling tinggi terdapat pada saluran III dengan nilai margin pemasaran senilai Rp.10,000. Sedangkan nilai margin yang paling rendah terdapat pada saluran tingkat II yaitu Rp.2.000. Dari ketiga saluran harga jual pepaya yang paling tinggi berada pada saluran pemasaran tingkat I dan II dibandingkan dengan harga jual petani dipemasaran tingkat III. Kata kunci : Saluran Pemasaran,Margin,Biaya, Keuntungan, Farmer’share

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas > Pertanian Agribisnis
Fakultas > Pertanian Agribisnis
Fakultas > Pertanian Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 16 Oct 2025 01:59
Last Modified: 16 Oct 2025 01:59
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6107

Actions (login required)

View Item View Item