PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN METODE DRIIL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SANANA UTARA

Soamole, Karmila (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN METODE DRIIL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SANANA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (122kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)

Abstract

Karmila Soamole. 2023. Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Menggunakan Metode Driil pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sanana Utara. Di bimbing oleh Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd, sebagai pembimbing I dan Asriani Thahir, S.Pd, M.Pd, sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian yaitu (1) untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan keterampilan menyimak berita menggunakan metode Driil pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sanana Utara, (2) untuk mendeskripsikan Sejaumanakah penggunaan metode Driil untuk meningkatkan keterampilan menyimak berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sanana Utara. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Dalam penelitian tindakan kelas ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Sanana Utara yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 putra dan 15 putri. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu (1) penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian siklus I dilakukan untuk mengetahui kondisi awal siswa dalam pembelajaran menyimak berita. Berdasarkan pengamatan selama proses pembelajaran, siswa terlihat kurang berminat dalam menyimak berita karena siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang bersifat monoton. Setelah diadakan siklus II dengan menerapkan metode Driil siswa menjadi lebih tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menyimak berita, (2) hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak berita setelah dilakukan penelitian keterampilan menyimak berita dengan metode Driil pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sanana Utara. Peningkatan keterampilan menyimak berita diketahui dari hasil tes siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata komulatif setelah dilakukan tindakan siklus I sebesar 68,64. Pada siklus II, nilai rata-rata komulatif mengalami peningkatan sebesar 82,00. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci: Menyimak Berita, Metode Driil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QK Bahasa Indonesia
Q Science > QK Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 24 Oct 2025 05:38
Last Modified: 24 Oct 2025 05:38
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6191

Actions (login required)

View Item View Item