Hi.Halil, Nurhaliza (2023) KEMAMPUAN MENULIS SAJAK SPONTAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP ISLAM 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
|
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (193kB) |
|
|
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (246kB) |
|
|
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (256kB) |
|
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (172kB) |
Abstract
Nurhaliza Hi.Halil 2023. Kemampuan Menulis Sajak Spontan Oleh Siswa Kelas VIII SMP Islam 1 Kota Ternate. Yang dibimbing oleh Pembimbing I; Justam Wahab, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II; Nasrullah La Madi, S.Pd.,M.Pd. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan menulis sajak spontan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 September–10 Oktober 2022, yang berlokasi di kelas VIII SMP Islam 1 Kota Ternate dengan jumlah populasi sebanyak 283 siswa dan sampel sebanyak 28 siswa. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa pada menulis sajak spontan terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi siswa diantaranya yaitu, tidak selarasnya isi dengan judul yang diangkat dalam menulis sajak spontan, kurangnya kelancaran dalam menulis sajak, serta pemilihan kosakata yang masih kurang tepat. Hal ini dapat dilihat dari predikat yang diperoleh siswa terbilang rendah. Dari 28 siswa, sebagian besar siswa terlihat kesulitan saat menulis sajak dan masih kebingungan memilih kosakata yang akan dituangkan dalam tulisan. Ini menunjukkan bahwa penulisan sajak secara spontan merupakan pekerjaan yang sulit, terutama bagi siswa yang belum terbiasa menulis. Berdasarkan presentase hasil tes dari ketiga aspek penilaian yakni; 1) Kesesuaian isi dengan judul dalam menulis sajak spontan, 2) kelancaran dalam menulis sajak spontan, dan 3) pemilihan kosakata yang tepat. Untuk itu, siswa telah memperoleh nilai akhir dengan kategori nilai yang berbeda-beda. Siswa yang memperoleh nilai akhir (86-100) dengan kategori nilai (A) berjumlah 3 siswa, siswa yang memperoleh nilai akhir (76-85) dengan kategori nilai (B) berjumlah 1 siswa, siswa yang memperoleh nilai akhir (76) dengan kategori nilai (C) berjumlah 4 siswa, siswa yang memperoleh nilai akhir (56-74) dengan kategori nilai (D) berjumlah 17 siswa, dan siswa yang memperoleh nilai akhir (0-55) dengan kategori nilai (E) berjumlah 15 siswa. Maka, siswa yang memperoleh nilai akhir dengan kategori nilai tertinggi berjumlah sangat sedikit dibandingkan dengan siswa yang memperoleh kategori nilai paling terendah. Kata kunci: Kemampuan, Sajak Spontan
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QK Bahasa Indonesia Q Science > QK Bahasa Indonesia |
| Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 05:38 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 05:38 |
| URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

