IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE

Lukman, Defita (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
3. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (296kB)
[thumbnail of SKRIPSI DEFITA LUKMAN.pdf] Text
SKRIPSI DEFITA LUKMAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Implementasi Pendidikan karakter dalam Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, adalah suatu proses pengajaran budi pekerti kepada warga sekolah yang meliputi bagian informasi, perhatian atau kesiapan, dan kegiatan untuk melaksanakan sifat-sifat tersebut Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di era revolusi industri 4.0 pada Peserta didik di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Ternate (2) Untuk mengetahui Faktorfaktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter dalam pendidikan kewarganegaraan di era revolusi industri 4.0 pada peserta didik di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian bahwa (1) Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu perwujudan karakter masyarakat Indonesia, implementasi Pendidikan karakter Disiplin mempunyai tujuan untuk mendidik, membina, dan menjamin kesejahteraan individu. Sehingga penerapan Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan Karakter masyarakat Indonesia di Era media digital dan Revolusi Teknologi. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya kedisiplinan yaitu, Faktor internal yaitu pembentukan disiplin individu adalah pengarahan diri melalui peningkatan kemampuan dan kemauan mengendalikan diri. sedangkan Faktor eksternal yaitu disiplin sosial adalah perwujudan dari disiplin diri atau yang berkembang melalui kewajiban pribadi untuk mematuhi dan menaati aturanaturan yang berlaku sesuai dengan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganagaraan, Era Revolusi Industri 4.0

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Ppkn
Q Science > QH Ppkn
Divisions: Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 06 Nov 2025 06:08
Last Modified: 06 Nov 2025 06:08
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6478

Actions (login required)

View Item View Item