Siddik, Nurhijrah (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DI SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
|
Text
1. Cover.pdf - Published Version Download (251kB) |
|
|
Text
3. ABSTARAK BHS INDONESIA & INGRIS.pdf - Published Version Download (276kB) |
|
|
Text
5. BAB I.pdf - Published Version Download (307kB) |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (190kB) |
|
|
Text
SKRIPSI NURHIJRAH SIDDIK LENGKAP.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dalam penelitian ini adalah implementasi Pendidikan karakter disebutkan sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang bertujuan mengembangka kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati sehingga implementasi pendidikan karakter ini menjadi bagian yang sangat penting bagi peserta didik dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji: (1). implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri 10 Kota Ternate. (2). faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter. (3). Nilai-Nilai Kearifan lokal yang terkandung dalam pendidikan karakter yang di implementasikan.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penellitian ini menunjukan bahwah (1) implementasi pendidikan karakter di sekolah suda cukup baik karena guru dan peserta didik selaluh memberikan arahan tentang nilai pendidikan karakter. Seperti nilai religius, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai demokrasi, dan nilai kejujuran.(2) faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter, terjalinnya komunikasi baik antara guru dan peserta didik, adanya dukungan dan kerja sama anatar guru dan kepala sekolah, kemudian dukungan orang tua peserta didik, suasana lingkungan sekolah yang baik, sarana prasarana yang menunjang proses pembellajaran baik dalam kelas maupun lingkungan sekolah, kemudian faktor penghambat Adanya keterbatasan waktu disebabkan karena jam pelajaran yang guru gunakan itu sedikit, kurang adanya kesinambungan antara lingkungan sekolah dan llingkungan keluarga, kemmudian peserta didik yang tidak mematuhi peraturan sekolah, sera kurangnya pengawasan dari guru. (3) Nilai-Nilai Kearifan lokal yang terkandung dalam pendidikan karakter yang di implementasika peserta didik dalam pembelajaran yaitu, nilai kebersaman saling menolong dan saling membantu baik nilai-nilai kearifan lainya berupa ekstrakulikuler yakni tarian lalayon tarian cakalele, dan tarian soya-soya adapun yang menjadi sarana dalam penanaman nilai-nilai kearifan lokal yaitu budaya dan integritas yang merupakan suatu bentuk kearifan linkungan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.kelompok. Kata Kunci : Implementasi Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Ppkn Q Science > QH Ppkn |
| Divisions: | Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn |
| Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 06:09 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 06:09 |
| URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

