KEMAMPUAN MENGGUNAKAN MAJAS DALAM MENULIS PUISI DENGAN PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA TIDORE KEPULAUAN

Basir, Fitri Yunita (2021) KEMAMPUAN MENGGUNAKAN MAJAS DALAM MENULIS PUISI DENGAN PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA TIDORE KEPULAUAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 1. COVER DEPAN.pdf] Text
1. COVER DEPAN.pdf - Published Version

Download (321kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK FITRI.pdf] Text
3. ABSTRAK FITRI.pdf - Published Version

Download (431kB)
[thumbnail of 5. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
5. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (484kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Yunita Basir. 2020. Kemampuan Menggunakan Majas Dalam Menulis Puisi dengan Penerapan Model Think Talk Write Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Tidore Kepulauan. Dibimbing oleh Justam Wahab S.Pd.,M.Pd, selaku pembimbing I dan Anwar Nada S,Pd.,M.Hum, selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan menggunakan majas dalam menulis puisi serta meningkatkan kemampuan menggunakan majas dalam menulis puisi dengan penerapan model Think Talk Write siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Tidore kepulauan. Metode yang digunakan dalam peneltian ini yaitu metode kuantitatif dengan pengumpulan data observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 65 siswa sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian hanya berjumlah 40 siswa. Berdasarkan analisis hasil tes awal (pre test) dalam pembelajaran kemampuan menggunakan majas dalam menulis puisi dengan penerapan model Think Talk Write dapat diketahui nilai rata-rata yang dicapai sebesar 49 , belum mencapai peningkatan nilai sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Ini terlihat dari 5 aspek penilaian yang telah ditentukan, yaitu : (1) ketapatan isi dengan judul, , (2) Pilihan kata atau diksi, (3) penggunaan majas, 4) penggunaan rima/ritma , (5) penggunaan kata konkret, siswa yang mendapat kualifikasi sangat baik sebesar 0%, siswa yang mendapat kualifikasi baik sebesar 4%, siswa yang mendapat kualifikasi cukup sebesar 20%, dan siswa yang mendapat kualifikasi kurang sebesar 136%. Tes akhir nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 75,12, siswa telah mencapai peningkatan dalam proses menulis puisi menggunakan majas dengan penerapan model Think Talk Write dibandingkan tes awal. . Hal ini dapat dilihat dari Pencapaian dengan kualifikasi sangat baik (SB) berjumlah 3 siswa dengan presentase 12%, kualifikasi baik (B) berjumlah 14 siswa dengan presentase 56%, kualifikasi cukup (C) berjumlah 13 siswa dengan presentase 52% dan kualifikasi kurang (K) berjumlah 10 siswa dengan presentase 40%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > Indonesian literature
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:45
Last Modified: 10 Feb 2023 03:45
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item