DIN, SARTI (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
1. COVER.pdf - Published Version Download (114kB) |
|
Text
3. ABSTRAC BHS INDO DAN INGGRIS.pdf - Published Version Download (90kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf - Published Version Download (247kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (89kB) |
Abstract
Berdasarkan analisis hasil penelitian dan kesimpulan dapat diketahui bahwa (1) hasil penilaian pada siklus I dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model Problem Based Learning siswa belum mencapai peningkatan nilai dalam pembelajaran menulis puisi, hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata yang dicapai siswa yaitu sebesar 73,12. Adapun pencapaian nilai dari aspek penilaian yaitu (1) judul/tema sebesar 4,96, (2) struktur bait sebesar 3,32, (3) persajakan sebesar 2,96 (4) diksi/pilihan kata sebesar 3,84, dan (5) amanat sebesar 3,20. Siswa yang mendapatkan kualifikasi sangat baik (SB) sebanyak 5 siswa sebesar 20% , siswa yang mendapatkan kualifikasi baik (B) sebanyak 4 siswa sebesar 20%, siswa yang mendapatkan kualifikasi cukup baik (CB) sebanyak 0 siswa sebesar 0%, siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang baik (KB) sebanyak 7 siswa sebesar 28%, dan siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang sekali (KS) sebanyak 8 siswa sebesar 32%, (2) hasil penilaian dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model Problem Based Learning pada siklus II siswa telah mencapai peningkatan nilai yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 82,08. Adapun penilaian masing-masing aspek yaitu (1) judul/tema sebesar 5,00, (2) struktur bait sebesar 4,00, (3) persajakan sebesar 3,60 (4) diksi/pilihan kata sebesar 4,24, dan (5) amanat sebesar 3,68. Siswa yang mendapatkan kualifikasi sangat baik (SB) sebanyak 10 siswa sebesar 40%, siswa yang mendapatkan kualifikasi baik (B) sebanyak 10 siswa sebesar 40%, siswa yang mendapatkan kualifikasi cukup baik (CB) sebanyak 0 siswa sebesar 0%, siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang baik (KB) sebanyak 3 siswa sebesar 12%, dan siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang sekali (KS) sebanyak 2 siswa sebesar 8%. Kata Kunci: Menulis Puisi, Model Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 08 May 2023 04:05 |
Last Modified: | 08 May 2023 04:12 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3130 |
Actions (login required)
View Item |