DJODJOBO, YULEN (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 HALMAHERA BARAT (suatu Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Halmahera Barat Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (64kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (72kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (142kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (42kB) |
Abstract
Salah satu model pembelajaran yang dianggap dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan berperan aktif dalam proses belajar mengajar adalah model Discovery Learning. Penggunaan model Discovery Learning diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi di Kelas VII SMP Negeri 1 Halmahera Barat dengan menggunakan model Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif PTK. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes dan instrumen non tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Pedoman Acuan Patokan (PAP) Skala 5, persentase aktivitas siswa dan persentase aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi di kelas VII-B SMP Negeri 1 Halmahera Barat pada materi interaksi mahkluk hidup dengan lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar biologi dari siklus I dan siklus II. Dengan pencapaian KKM siklus I sebesar 34,62% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 93,10%. Kata Kunci: Model discovery learning, hasil belajar, PTK
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:15 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:15 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4129 |
Actions (login required)
View Item |