KEMAMPUAN PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP SITI AISYAH BUKULASA

WABER, HUSNUL HATIMA (2019) KEMAMPUAN PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP SITI AISYAH BUKULASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (64kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (102kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Husnul Hatima Waber. 2019. Kemampuan Penggunaan Kalimat Efektif dalam Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Siti Aisyah Bukulasa. Dibimbing oleh Sulami Sibua, S.Pd, M.Pd, selaku pembimbing I dan Rijal Muharam, S.Pd, M.Pd, selaku pembimbing II. Penelitian bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan penggunaan kalimat efektif dalam menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Siti Aisyah Bukulasa. (2) Untuk menilai kemampuan penggunaan kalimat efektif dalam menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Siti Aisyah Bukulasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Siti Aisyah Bukulasa sebanyak 34 siswa sedangkan sampel penelitian merupakan keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 34 siswa sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yaitu (1) pada tes awal (pretest) dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan menggunakan kalimat efektif terlihat siswa belum mencapai peningkatan nilai. Jumlah skor total secara keseluruhan sebesar 2465 dengan nilai rata-rata sebesar 72,50 kualifikasi cukup baik. siswa yang mendapatkan kualifikasi sangat baik (SB) sebanyak 4 siswa sebesar 11%, siswa yang mendapatkan kualifikasi baik (B) sebanyak 9 siswa sebesar 26%, siswa yang mendapatkan kualifikasi cukup baik (CB) sebanyak 11 siswa sebesar 32%, siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang baik (KB) sebanyak 7 siswa sebesar 20%, dan siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang sekali (KS) sebanyak 3 siswa sebesar 8%. (2) Tes akhir (posttest) dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan menggunakan kalimat efektif siswa telah mencapai peningkatan nilai dalam pembelajaran hal ini dapat diketahui jumlah skor 2767 dengan nilai rata-rata sebesar 81,38. Siswa yang mendapatkan kualifikasi sangat baik (SB) sebanyak 8 siswa sebesar 23%, siswa yang mendapatkan kualifikasi baik (B) sebanyak 20 siswa sebesar 58%, siswa yang mendapatkan kualifikasi cukup baik (CB) sebanyak 4 siswa sebesar 11%, siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang baik (KB) sebanyak 2 siswa sebesar 5%, dan siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang sekali (KS) sebanyak 0 siswa sebesar 0% dalam penulisan karangan eksposisi dengan menggunakan kalimat efektif. Kata Kunci: Menulis Karangan Eksposisi, Kalimat Efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 31 Oct 2024 06:23
Last Modified: 31 Oct 2024 06:23
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4157

Actions (login required)

View Item View Item