Dampak Sosial Ekonomi Tradisi Hapolas Pada Orang Makeang di Desa Matantengin, Kecamatan Pulau Makeang, Kebupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara

L. Gafur, Nurlela (2024) Dampak Sosial Ekonomi Tradisi Hapolas Pada Orang Makeang di Desa Matantengin, Kecamatan Pulau Makeang, Kebupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER SKRIPSI.pdf] Text
A. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (296kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK INDO DAN INGGRIS.pdf] Text
D. ABSTRAK INDO DAN INGGRIS.pdf - Published Version

Download (166kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (581kB)

Abstract

Artikel ini membahas tentang dampak sosial ekonomi tradisi hapolas di Desa Matantengin Pulau Makeang. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tradisi hapolas yang dilakukan untuk membantu atau meringankan beban keluarga selama mengambil barang-barang di tokoh atau menghutang selama melaksanakan dina 9 hari. Alasan tradisi hapolas terus dilestarikan untuk mengingat pada generasi Desa Matantengin agar tidak melupakan tradisi dari penginggalan leluhur. Tradisi hapolas mengalami dampak sosial ekonomi yang baik dari masyarakat serta membentuk hubungan nilai soilidaritas dan silaturahmi antar masyarakat. Kata Kunci: Dampak Sosial Ekonomi, Hapolas, Orang Makeang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas > Ilmu Budaya Antropologi
Fakultas > Ilmu Budaya Antropologi
Fakultas > Ilmu Budaya Antropologi
Depositing User: Rini R. THalib
Date Deposited: 01 Nov 2024 04:32
Last Modified: 01 Nov 2024 04:32
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4175

Actions (login required)

View Item View Item