SAID, SAINA (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOFERY DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA KONSEP PEMANASAN GLOBAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHIARUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (45kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (42kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (31kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran discovery dan Model Pembelajaran Konvensional pada konsep pemanasan global. 2). Besar Perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate dengan menggunakan model Pembelajaran discovery dan Model Pembelajaran Konvensional pada konsep pemanasan global. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen sedangkan desain penelitiannya adalah desain tipe control group pretest–posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate yang berjumlah 125 dan tersebar dalam 5 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 dan kelas VIII-3 dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling (diacak), setelah diperoleh 2 kelas sebagai sampel kemudian diacak untuk menentukan kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Tes dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa soal essay yang berjumlah 11 item dengan total skor 68 dan teknik analisis data menggunakan statistik uji-t. Hasil perhitungan data diperoleh thit = 10,61 > 2,000 dengan dk = 46 dan taraf signitifikasi 0,05. Dari hasil perhitungan dapat dikatakan bahwa thit> ttab atau 10,61 > 2,000 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran discovery dan Model Pembelajaran Konvensionalpada konsep pemanasan global . Kata Kunci : Model discovery, Model Konvensional Hasil Belajar pemanasan global
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 05:53 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 05:53 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |