K U R N I A W A T I, K U R N I A W A T I (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA KONSEP ALAT-ALAT OPTIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (108kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf - Published Version Download (35kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (117kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (40kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe CIRC dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Kota Ternate pada konsep alat-alat optik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan metode korelasional yang menggambarkan pengaruh antara variabel X1 dan X2 terhadap Y. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kota Ternate yang berjumlah 216 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA 6 dengan jumlah siswa 36 orang. Dengan teknik pengambilan sampel adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dalam bentuk soal essay dan non tes berupa angket, kemudian teknik analisis data menggunakan uji statistik regresi dan korelasi. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik keberartian regresi dan keberartian korelasi guna untuk melihat pengaruh model pembelajaran tipe CIRC terhadap hasil belajar diperoleh nilai thit> ttab atau 8,23> 2,03224 sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara model pembelajaran tipe CIRC terhadap hasil belajar siswa dapat diterima. Uji statistik yang sama diperlakukan untuk melihat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai thit> ttab atau 4, 853 > 2,03224 sehingga berdasarkan pengujian hipotesis tersebut menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Sedangkan untuk melihat besar pengaruh model pembelajaran tipe CIRC dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan uji statistik regresi dan korelasi ganda dimana diperoleh nilai thit> ttab atau 14, 986 > 2,03224. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe CIRC terhadap hasil belajar siswa dengan besar pengaruh 66,5%, dan untuk motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa terdapat pengaruh sebesar 40,96%. Kemudian untuk hasil analisis pengaruh model pembelajaran tipe CIRC dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa secara bersama-sam menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 68,06% Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran tipe CIRC, dan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 04:25 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 04:25 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |