ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 KOTA TERNATE DALAM MEMAHAMI MATERI IKATAN KIMIA

SOAMOLE, JUHAINI (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 KOTA TERNATE DALAM MEMAHAMI MATERI IKATAN KIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (39kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (29kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (41kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Ternate yang berjumlah 19 siswa yang tersebar dalam 1 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah secara jenuh. Instrumen dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan instrumen tes dan nontes, berupa soal essay yang berjumlah 10 item dan angket berjumlah 15 item. Teknik analisis data adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesulitan belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Ternate dalam memahami materi ikatan kimia yang berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 100% untuk 19 dari 19 siswa yang dijadikan sampel. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal pada aspek intelegensi dengan persentase 86% dan faktor eksternal pada aspek peranan orang tua dengan persentase 86%. Kata Kunci: Kesulitan belajar, Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Ikatan Kimia, Analisis Deskriptif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 13 Feb 2025 00:44
Last Modified: 13 Feb 2025 00:44
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4380

Actions (login required)

View Item View Item