AUNAKA, NURDIANA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (51kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (126kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (98kB) |
Abstract
Model pembelajaran Reciprocal Teaching adalah suatu strategi pembelajaran yang menerapkan empat strategi pemahaman mandiri, yaitu menyimpulkan bahan ajar, menyusun pertanyaan dan menyelesaikannya, menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya, kemudian memprediksikan pertanyaan selanjutnya dari persoalan yang disodorkan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi dan peran sumber daya alam dalam pembangunan nasional terhadap siswa kelas VIII² Smp Negeri 5 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Yang menjadi subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-2 dengan jumlah sebanyak 20 siswa. Sedangkan instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes essay yang berjumlah 10 item pada siklus I dengan skor total 76, sedangkan soal tes yang digunakan pada siklus II berjumlah 10 item dengan skor total 81. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui hasil belajara siswa secara individual dan klasikal. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dan klasik pada siklus I belum mencapai KKM yang di tentukan oleh sekolah 75, sedangkan pada siklus II ketuntasan telah mencapai. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching 35% atau 7 siswa yang tuntas dan pada siklus II telah terjadi peningkatan dari 7 siswa yang tuntas menjadi 16 siswa atau 80% dari 20 siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Hasil Belajar, Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 00:17 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 00:17 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |