R. Umlati, Eis Nur Mutia (2024) AN ANALYSIS OF ENGLISH CODE MIXING ON MAUDY AYUNDA’S PODCAST. Masters thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (156kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK Bahasa Indonesia dan Inggris.pdf - Published Version Download (295kB) |
![]() |
Text
F. 1 BAB I.pdf - Published Version Download (305kB) |
![]() |
Text
G. REFERENCES.pdf - Published Version Download (407kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis campur kode dan untuk mengetahui jenis campur kode yang paling dominan digunakan oleh Maudy Ayunda di podcastnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dianalisis menggunakan teori campur kode yang dikemukakan oleh Muysken (2000). Sumber data diambil dari ujaran Maudy Ayunda dalam video podcast di kanal YouTubenya, yang berjudul “Sandwich Generation: Menanggung BIAYA hidup atau GAYA hidup?” dan “Buka Kartu: Belajar Terampil Menderita.” Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa terdapat 89 data campur kode yang ditemukan dalam penelitian ini. Peneliti menemukan tiga jenis campur kode yaitu: penyisipan kata/frasa sebanyak 55 data, pergantian sebanyak 23 data, dan leksikalisasi kongruen sebanyak 11 data. Selanjutnya, penyisipan kata/frasa adalah jenis campur kode yang paling dominan dengan persentase 61.80%. Kemudian, diikuti oleh pergantian dengan persentase 25.84%. Sementara itu, leksikalisasi kongruen adalah jenis campur kode yang paling rendah dengan persentase 12.35%. Kata kunci: Campur Kode, Jenis Campur Kode, Podcast.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QB Bahasa Inggris Q Science > QB Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 05:44 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 05:44 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |