STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MALUT POST DALAM BERTAHAN SELAMA 20 TAHUN

Nuryanti, Cahaya (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MALUT POST DALAM BERTAHAN SELAMA 20 TAHUN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of COVER_SKRIPSI_Cahaya Nuryanti.pdf] Text
COVER_SKRIPSI_Cahaya Nuryanti.pdf - Published Version

Download (61kB)
[thumbnail of ABSTRAK INDO-ENG_SKRIPSI_Cahaya Nuryanti.pdf] Text
ABSTRAK INDO-ENG_SKRIPSI_Cahaya Nuryanti.pdf - Published Version

Download (52kB)
[thumbnail of BAB I_SKRIPSI_Cahaya Nuryanti.pdf] Text
BAB I_SKRIPSI_Cahaya Nuryanti.pdf - Published Version

Download (160kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_Cahaya Nuryanti.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_Cahaya Nuryanti.pdf - Published Version

Download (109kB)

Abstract

Cahaya Nuryanti, 2024. Strategi Komunikasi Pemasaran Malut Post dalam Bertahan Selama 20 Tahun. Pembimbing utama: Dr. E. Ida Hidayanti, SE., M.Si, Pembimbing Pendamping: Muhammad Asril Arilaha, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Malut Post dalam bertahan selama 20 tahun dan mengetahui alasan para pelanggan koran tetap setia serta pembaca berita tetap membaca koran cetak. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Malut Post menggunakan beragam strategi dalam mempertahankan perusahaannya selama 20 tahun. Pertama, Strategi analisis STP (segmenting, targeting, dan positioning) digunakan untuk membagi kelompok, membidik target pasar, serta adanya positioning yang hadir tanpa dihadirkan. Kedua, Malut Post melakukan konvergensi media dengan mengadakan koran digital, portal online, dan juga sosial media. Ketiga, strategi survival mechanism dalam tiga bentuk yaitu strategi aktif dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dengan cara melakukan efisiensi internal, mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, serta menjaga kualitas berita. Strategi pasif yang pada pada strategi ini berfokus pada pengelolaan keuangan perusahaan dan Strategi Jaringan dengan melakukan pendekatan kolaborasi pentahelix untuk berkolaborasi dengan pemerintah. Kata Kunci: Pemasaran, Strategi Komunikasi Pemasaran. Segmenting, Targeting dan Positioning, Konvergensi Media, Strategi Bertahan Hidup, Koran Malut post.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas > Ekonomi Management
Fakultas > Ekonomi Management
Fakultas > Ekonomi Management
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 29 Apr 2025 06:42
Last Modified: 29 Apr 2025 06:42
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4805

Actions (login required)

View Item View Item