EKSPLORASI FAMILI ASTERACEAE DI JALUR PENDAKIAN KELURAHAN MOYA TERNATE TENGAH SEBAGAI BAHAN VIDEO PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

Halim, Indah Fanny (2024) EKSPLORASI FAMILI ASTERACEAE DI JALUR PENDAKIAN KELURAHAN MOYA TERNATE TENGAH SEBAGAI BAHAN VIDEO PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (150kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB)

Abstract

Indonesia memiliki hutan dengan kekayaan sumber plasma nutfah yang tinggi dengan keanekaragaman jenis yang beragam. Keanekaragaman tumbuhan di Indonesia menempati urutan kelima di dunia dengan sekitar 38.000 jenis. Asteraceae merupakan famili yang memiliki keanekaragaman yang tinggi dan memiliki jumlah jenis terbesar kedua pada kingdom plantae. Salah satu media yang sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar ialah video pembelajaran. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui jenis tumbuhan apa saja dari famili asteraceae yang terdapat di jalur pendakian Kelurahan Moya Ternate Tengah, mengetahui hasil validasi ahli materi dan ahli media pada video pembelajaran materi jenis tumbuhan famili asteraceae pada perkuliahan keanekaragaman tumbuhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksploratif yang meliputi kegiatan eksplorasi (pelacakan). Penelitian ini menggunakan teknik jelajah dengan menjelajahi lokasi penelitian, dilakukan pengamatan lalu pengambilan data. Hasil dari identifikasi setiap jenis kemudian dibuat video pembelajaran yang hasilnya akan dilakukan penilaian oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah tumbuhan famili asteraceae terdapat 8 jenis yaitu Ageratum conyzoides, Emilia sonchifolia, Bidens pilosa, Vernonia cinerea, Cosmos caudatus Kunth, Synedrella nodiflora, Sphagneticola trilobata dan Crassocephalum crepidioides. Hasil validasi oleh ahli materi memiliki presentase 89% dan ahli media 90% menunjukkan bahwa video pembelajaran materi keanekaragaman hayati sangat layak untuk digunakan sebagai video pembelajaran yang mendukung materi keanekaragaman hayati. Kata kunci : Eksp

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 30 Apr 2025 05:47
Last Modified: 30 Apr 2025 05:47
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4810

Actions (login required)

View Item View Item