PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN SIKLUS AIR SISWA KELAS V SD NEGERI 38 KOTA TERNATE

ASRANTING, DEWI SITI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN SIKLUS AIR SISWA KELAS V SD NEGERI 38 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (104kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (137kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB)

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Word Square pada siswa kelas V SD Negeri 38 Kota Ternate, 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model pembelajaran Word Square pada pokok bahasan siklus air siswa kelas V SD Negeri 38 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapannya yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dan observasi, dan 3) refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 31 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Word Square. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes essay sebanyak 10 nomor. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang dilihat dari berapa persen tingkat keberhasilan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar IPA khususnya materi siklus air pada kelas V SD Negeri 38 Kota Ternate. Hal ini menunjukan ketuntasan siswa pada siklus I sebanyak 11 siswa atau 35,48% dari 31 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah rata-rata pada siklus I adalah 70,97%. Sedangkan dalam pembelajaran siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan. Dari 31 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas, siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau 77,41% dengan skor rata-rata 84,51%. Dilihat dari hasil belajar siswa siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 41,93%. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Word Square,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 14 Aug 2025 23:28
Last Modified: 14 Aug 2025 23:28
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5071

Actions (login required)

View Item View Item