HATTO, DJEFRI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUANMEMAHAMI WACANA DESKRIPTIF MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 29 HALMAHERA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (144kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (162kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (165kB) |
Abstract
Hasil observasi di SD Inpres 29 Halamhera Barat menunjukkan selama ini pengajaran bahasa Indonesia cenderung tidak ramah terhadap upaya mengembangkan keterampilan berbahasa siswa khususnya dalam kegiatan membaca. Hal terlihat dengan adanya kemampuan membaca siswa belum seperti yang diharapkan sehingga kegiatan membaca merupakan beban belajar dan tidak berkembang menjadi kebiasaan membaca. Disamping rendahanya kemamuan memahami teks bacaan, kelancaran membaca juga masih menjadi maslaah yang perlu diselesaikan. hasil belajar guna mencapai tujuan pembelajaran dalam Memahami keterampilan berbahasa siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dan dianalisis maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Hal itu terlihat dari antusias siswa dalam proses pembelajaran dan hasil membuat karangan deskripsi disetiap siklusnya meningkat. Kegiatan belajar siswa lebih komunikatif dan menyenangkan. Dengan penggunaan media gambar dalam proses pembalajaran siswa menjadi lebih aktif, dapat menuangkan gagasannya dengan baik, menulis dengan kaidah penulisan yang benar, dan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.Penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD Impres 29 Halmahera Barat. Peningkatan keterampilan Memahami Wacana pada siklus I sebesar 5,49, yang kondisi awal nilai rerata kelas sebesar 65,06, meningkat menjadi 70,55. Peningkatan keterampilan menulis pada siklus II sebesar 9,81, yang kondisi awal nilai rerata kelas sebesar 65,06 meningkat menjadi 74,87.Penelitian tindakan yang dilaksanakan sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu ketercapaian 75% siswa memperoleh nilai 70. Sehingga pelaksanaan penelitian tindakan dapat disimpulkan bahwa dapat memberikan dampak yang positif, karena dengan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Kata Kunci : Wacana Deskriptif, Metode Discovery
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 00:16 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 00:16 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |