PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA (Suatu Penelitian Tindakan Kelas V SD Negeri 65 Kota Ternate Tahun Ajaran 2018/2019)

Umar, Fahria (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA (Suatu Penelitian Tindakan Kelas V SD Negeri 65 Kota Ternate Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (126kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (137kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (180kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi membaca dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), dan mendeskripsikan hasil penggunaan model CIRC pada siswa kelas V SD Negeri 65 Kota Ternate. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap siklus terdiri dari persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan wawancara. Dari hasil penelitian ini data yang diperoleh adalah kemampun membaca siswa pada siklus I menunjukan dari jumlah siswa 19 orang, yang sudah mencapai ketuntasan belajar hanya terlihat 6 siswa atau 30%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa atau 70%. Kemudian dilanjutkan siklus II dengan jumlah tuntas meningkat sebanyak 12 siswa atau menjadi 63% dan yang belum tuntas tersisa 7 orang atau 37%, Pada siklus II siswa belum semuanya tuntas maka dilanjutkan ke siklus III dengan jumlah tuntas sudah mencapai 17 orang atau 90% dan tidak tuntas tersisa 2 orang atau 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri 65 Kota Ternate. Kata Kunci : Membaca, Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 15 Aug 2025 01:08
Last Modified: 15 Aug 2025 01:08
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5085

Actions (login required)

View Item View Item