PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 1 SD Islamiyah 1 Kota Ternate Tahun 2018-2019)

KUSMAN, FITRIA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 1 SD Islamiyah 1 Kota Ternate Tahun 2018-2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (99kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan : 1) Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran make a match; 2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes ketuntasan hasil belajar matematika siswa. Data dianalisis berdasarkan hasil ketuntasan individu dan ketuntasan klasik dan tingkat kualifikasi siswa untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat . Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa setelah mendapat perilaku dengan penerapan model pembelajaran make a match secara keseluruhan dapat di lihat dari ketuntasan hasil belajar matematika siswa pada Siklus I terdapat 7 siswa (33,33%) dinyatakan tuntas, sedangkan 14 siswa (66,67%) belum tuntas. Dari kualifikasi cukup. Kemudian lanjut pada siklus II dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar matematika siswa , terdapat 19 siswa (90,42%) dinyatakan tuntas sedangkan 2 siswa (9,58%) dinyatakan belum tuntas, pada siklus II dapat dinyatakan dengan kualifikasi baik, pada model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD Islamiya 1 Kota Ternate pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika Siswa, Pembelajaran Make A Match

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 12 Sep 2025 01:06
Last Modified: 12 Sep 2025 01:06
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5110

Actions (login required)

View Item View Item