ADAM, NURYATI I. (2019) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA TERNATE (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (38kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (31kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak dengan menggunanakan media Audio Visual pada siswa kelas V Sd Negeri 52 Kota Ternate tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate yang berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) urutan kegiatan penelitiannya mencakup : (1) perencanaan (2) observasi dan pelaksanaan (3) refleksi. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Obyek penelitiannya yaitu siswa kelas V Sd Negeri 52 Kota Ternate. Dengan menggunakan media audio visual ini dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa, siswa lebih antusias, fokus pada saat proses belajar mengajar, serta dapat membantu guru menyampaikan materi pada saat pembelajaran. Media audio visual adalah salah satu media yang memiliki unsur suara dan unsur gambar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan penerapan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia meningkatkan keterampilan menyimak khususnya pada siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate. Hal ini dapat dilihat pada siklus I penilaian keterampilan menyimak dengan nilai Hasil pembelajaran menyimak cerita melalui media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari pembelajaran siklus I dengan hasil persentase siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 29% siswa atau sebanyak 8 siswa sedangkan 20 siswa yang belum mencapai ketuntasan atau 71% dari 28 siswa yang diteliti. Pada kegiatan pembelajaran siklus II persentase siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 86% atau sebanyak 28 siswa sedangkan siswa yang belum tuntas terdiri dari 4 siswa atau 14% dari 18 jumlah siswa yang diteliti. Nilai rata-rata siklus I 64,6% meningkat menjadi 86%. Kata kunci : Keterampilan Menyimak Dan Media Audio Visual
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:30 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:30 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |