PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

TAOHI, HAFINIA (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (276kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (468kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (602kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (471kB)

Abstract

Hafinia Taohi, 2024. “Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Negeri 5 Kota Ternate Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel” (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 5 Kota Ternate Tahun Ajaran 2023/2024) Di Bawah Bimbingan Dr. Karman La Nani, S.Pd.,M.Pd dan Dr. Joko Suratno, S.Pd.,M.Pd.Si Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir logis matematis siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linier dua variabel. 2) Peningkatan kemampuan logis matematis siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linier dua variabel. 3) Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan logis matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Desain penelitian ini menggunakan one grup pretest posttest. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 5 Kota Ternate Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kemampuan berpikir logis matematis siswa yaitu, a) Siswa dengan kemampuan berpikir logis matematis kategori tinggi ada 14 siswa. b) Siswa dengan kemampuan berpikir logis matematis kategori sedang ada 13 siswa. c) Siswa dengan kemampuan berpikir logis matematis kategori rendah ada 1 siswa. 2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir logis matematis siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linier dua variabel, dan 3) Peningkatan kemampuan berpikir logis matematis siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linier dua variabel dalam kategori sedang. Kata kunci: Problem Based Learning, berpikir logis matematis siswa, sistem persamaan linier dua variabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:47
Last Modified: 17 Sep 2025 01:47
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5199

Actions (login required)

View Item View Item