PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) BERORIENTASI HOTS PADA SUBTEMA 4 MERAWAT TUMBUHAN DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR NUKILA KOTA TERNATE

FACHRUDIN, RAHMATIA (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) BERORIENTASI HOTS PADA SUBTEMA 4 MERAWAT TUMBUHAN DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR NUKILA KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (215kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (419kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan perangkat pembelajaran, keefektifan produk perangkat pembelajaran, serta tanggapan guru dan siswa tentang produk perangkat pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) berorientasi HOTS pada materi merawat hewan dan tumbuhan di kelas 2 sekolah dasar Nukila Kota Ternate. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap yaitu analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II SD Nukila Kota Ternate yang berjumlah 12 orang. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk mendapatkan data kevalidan produk, angket respon siswa dan angket respon guru untuk mendapatkan data kepraktisan dan tes hasil belajar untuk mendapatkan data keefektifan produk yang dikembangakan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh rata-rata total kevalidan RPP dari validator I yaitu 98,72, validator II 100,55, validator III 111,93, guru kelas 103,83, rata-rata total kevalidan LKPD dari validator I yaitu 54,99, validator II 51,78, validator III 58,17, guru kelas 59,79, dan rata-rata total kevalidan soal evaluasi dari validator I yaitu 44,57, validator II 38,18, validator III 45,38, guru kelas 45,38. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata-rata total angket respon siswa sebesar 70,68% dan rata-rata total angket respon guru sebesar 90%. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil tes belajar peserta didik memenuhi kriteria efektif dengan persentase rata-rata hasil belajar yaitu 75%. Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 23:54
Last Modified: 17 Sep 2025 23:54
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5282

Actions (login required)

View Item View Item