PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 30 HALMAHERA BARAT PADA TEMA 7 SUB TEMA 2 INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU

NAIPON, SUANDI (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 30 HALMAHERA BARAT PADA TEMA 7 SUB TEMA 2 INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (93kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrisipkan proses pembelajaran pada tema 7 sub tema 2 indahnya keragaman budaya negeriku siswa kelas IV SD Negeri 30 Halmahera Barat, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) tema 7 sub tema 2 indahnya keragaman budaya negeriku siswa kelas IV SD Negeri 30 Halmahera Barat. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlas siswa 20 Orang yang terdiri dari 11 perempuan dan 9 laki-laki. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara individual, untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan untuk menghitung presentase hasil aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada proses pembelajaran tema 7 sub tema 2 indahnya keragaman budaya negeriku dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus, Dimana siklus 1 diperoleh ketuntasan belajar dengan presentase 30% sebanyak 6 siswa yang tuntas, aktivitas guru 49% dan aktivitas siswa 47,5%. Kemudian siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa dengan presentase 85% sebanyak 17 siswa yang tuntas, aktivitas guru meningkat menjadi 65,45% dan aktivitas siswa 65%. Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Number Head Together, Indahnya Keragaman Budaya Negeri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 00:30
Last Modified: 18 Sep 2025 00:30
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5289

Actions (login required)

View Item View Item