LANI, LISFER (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN PECAHAN BIASA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 KOTA TERNATE (Suatu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada siswa kelas Kelas IV SD Negeri 56 Kota Ternate Tahun Ajaran 2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (61kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Published Version Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (32kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 tahap, meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap ferleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 2 peteremuan. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan postes. Data hasil non tes merupakan lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru. Adapun observasi pada survey awal dengan materi penjumlahan pecahan biasa dari jumlah 32 siswa terdapat 7 atau 21,87% siswa tuntas belajar, sedangkan 25 atau 78,12% siswa tidak tuntas belajar dengan rata-rata 60,15%. Adapun tindakan siklus I dengan materi tentang penjumlahan pecahan berpenyebut sama, dari jumlah 32 siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 56,25% belum tuntas sebanyak 14 siswa atau 43,75%. Dengan demikian diperoleh rata-rata 73,90% (siklus I). Sedangkan pada siklus II dengan materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama, dari jumlah 32 siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa atau 84,37% sementara yang belum tuntas sebanyak 5 siswa atau 15,62%, dengan rata-rata 83,28% (siklus II). Dari hasil aktivitas belajar siswa dengan persentase 72,91 (siklus I) dan 87,5 (siklus II) dan hasil aktivitas guru dengan persentase 75 (siklus I) dan 88,46 (siklus II). Dengan demikian, disampaikan bahwa melalui penerapan model problem based learning hasil belajar dipandang perlu karena banyak kelebihan jika digunakan sebagai alternatif model pembelajaran matematika dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 56 Kota Ternate. Kata Kunci: Pecahan, Model Problem Based Learning, Peningkatan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 05:17 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 05:17 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |