PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINNGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT ( PTK Pada Siswa Kelas III SD Negeri 11 Kota Ternate )

UMALEKHAY, SARTIKA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINNGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT ( PTK Pada Siswa Kelas III SD Negeri 11 Kota Ternate ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (50kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (83kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan, 1. Mengetahui Hasil Belajar siswa dalam mempelajari materi perkalian bilangan bulat, 2. Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 11 Kota Ternate yang berjumlah 28 siswa. Prosedur penelitian melakukan pertemuan dengan kepala sekolah untuk gain penelitian yang dipakai 1.Perencanaan tindakan, 2. Pelaksanaan tindakan kelas dan observsi, 3. Analisis data dan pelajaran. Pengumpulan data menggunakan Teknik Tes dengan memanfaatkan instrument tes esay berjumlah 5 item. Analisi data menggunakan KKM, PAP dan nilai gain ternormalisasi. Hasil Penelitian di peroleh : 1). Terdapat 16 siswa yang mencapai tuntas dan 12 siswa yang tidak tuntas, 2). Baik sekali 22 siswa dan 4 siswa baik 3). 20 siswa yang meningkat tinggi, sedang 4 siswa dan rendah 4 siswa, secara keseluruhan peningkatan hasil belajar siswa pada materi perkalian bilangan bulat sebesar 0,81 dalam kategori tinggi. Hal ini menyatakan bahwa pnerapan pembelajaran Inquiry dapat menciptakan peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 11 Kota Ternate dalam mempelajari materi perkalian bilangan bulat. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry Hasil Belajar Siswa dan Perkalia Bilanagan Bulat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 05:33
Last Modified: 18 Sep 2025 05:33
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5346

Actions (login required)

View Item View Item