ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA DAERAH TIDORE PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD RIRORANO TOPO 3 KOTA TIDORE KEPULAUAN

Ramli, Karlina (2024) ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA DAERAH TIDORE PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD RIRORANO TOPO 3 KOTA TIDORE KEPULAUAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (101kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (164kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB)

Abstract

Karlina Ramli,2024. Analisis perkembangan bahasa daerah Tidore pada anak kelompok B PAUD Rirorano Topo 3 Kota Tidore Kepulauan, pembimbing Bahran Taib,S.Psi.,M.Si, dan Umikalsum Arfa,S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa daerah Tidore pada anak kelompok B PAUD Rirorano Topo 3 Kota Tidore Kepulauan. Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 11 anak dan 2 guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data,reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan bahasa daerah Tidore pada anak kelompok B di PAUD Rirorano terlihat dengan 3 indikator yakni : Indikator 1). Mengucapkan kata yang tepat, terhadap 11 orang anak terdapat 7 orang anak yang sudah mampu mengucapkan kata sederhana dalam bahasa Tidore, sedangkan 4 orang anak lainnya belum mampu mengucapkan kata dalam bahasa Tidore dengan tepat,karena ketika ditanya anak hanya diam tidak bereaksi apa- apa. Hal ini karena ketika guru mengajar anak tidak menyimak apa yang dikatakan guru melainkan anak bermain dengan teman dibelakang. Indikator 2). Memahami bahasa daerah Tidore,terhadap 11 anak terdapat 5 orang anak yang sudah mampu memahami bahasa daerah Tidore,sedangkan 6 orang anak lainnya belum mampu mengulang kalimat yang lebih rumit,yakni kesulitan dalam memahami bahasa Tidore yang dijelaskan oleh guru sangat terbatas,dan metode yang digunakan juga kurang menarik sehingga dalam proses pembelajaran bahasa daerah Tidore anak merasa malas. Indikator 3). Berbahasa daerah Tidore, terhadap 11 anak terdapat 5 orang anak yang mampu berbahasa daerah Tidore, sedangkan 6 orang anak lainnya belum lancar dan belum bisa berbahasa daerah Tidore dikarenakan dirumah mereka hanya menggunakan bahasa Indonesia sehingga pada saat berbahasa daerah Tidore anak terbata-bata dalam mengucapkan bahasa Tidore. Kata Kunci : Perkembangan,Bahasa Daerah Tidore,Anak,Pendidikan Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:01
Last Modified: 19 Sep 2025 06:01
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5358

Actions (login required)

View Item View Item