HANDAYANI, SRI (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI NON FIKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS V SDN 38 KOTA TERNATE (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN 38 Kota Ternate). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (38kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (44kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (30kB) |
Abstract
ABSTRAK Sri Handayani 2019 Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Non Fiksi Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di Kelas V SDN 38 Kota Ternate. Dibimbing oleh : (1) Dr. Samsu Somadayo, M.Pd (2) Kodrat Hi Karim, S.Pd., M.Pd Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan proses belajar siswa kelas V SD Negeri 38 Kota Ternate dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading And Composition pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks non fiksi. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 38 Kota Ternate dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading And Composition pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks non fiksi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari tiga tahap yaitu (1) Tahap perencanaan, (2) Tahap pelaksanaan dan observasi, dan (3) Tahap refleksi. Pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 38 Kota Ternate yang berjumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di kelas V SDN 38 Kota Ternate terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks non fiksi. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran siklus I ketuntasan siswa 35% atau 11 siswa yang tuntas dari 31 siswa. Sedangkan pada pembelajaran siklus II persentasi siswa meningkat menjadi 81% atau 25 siswa yang tuntas dari 31 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah nilai rata-rata 85,48% Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading And Composition, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:39 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 06:39 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5368 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |