HASIM, SUGIHARJO (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SD PADA MATERI BILANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 41 Halmahera Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (77kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (34kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (52kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (36kB) |
Abstract
ABSTRAK Sugiharjo Hasim. 2019. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD Pada Materi Bilangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 41 Halmahera Barat) di bawah Bimbingan Dr. Karman La Nani, S.Pd.,M.Si. dan Suhardi Abdullah S.Pd.,M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SD Inpres 41 Halmahera Barat pada materi bilangan pecahan; untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bilangan pecahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dengan menjadikan 14 siswa SD 41 Halmahera Barat sebagai subjek penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, penggunaan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SD pada materi bilangan pecahan. Hal ini dapat ditunjukan dengan perolehan skor rata-rata siswa pada tes awal kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diterapkanya model pembelajaran berbasis proyek, memperoleh skor rata-rata 17,4 dengan presentase ketuntasan 0% (tidak terdapat siswa yang tuntas), setelah diterapkanya model pembelajaran berbasis proyek pada siklus I skor rata-rata meningkat menjadi 61,4 dengan presentase ketuntasan 28,57% (terdapat 4 siswa yang tuntas), skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus II juga meningkat menjadi 78,9 dengan presentase ketuntasan 78,57% (terdapat 11 siswa yang tuntas). Selain itu aktivitas proses belajar mengajar guru dan siswa meningkat yang ditunjukan dengan perolehan skor rata-rata aktifitas siswa sebesar 43,75 (siklus I) meningkat menjadi 71,87 (siklus II) dan perolehan skor rata-rata guru 75 (siklus I) meningkat menjadi 90,62 (siklus II). Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Proyek, dan Materi Bilangan Pecahan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 00:10 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 00:10 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5390 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |