Haema, Nurul (2024) PENGARUH PERMAINAN CENGE-CENGE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI PAUD AKE GA’ALE MALAHA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (194kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (310kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (165kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (217kB) |
Abstract
Nurul Haema. 2024. Pengaruh permainan cenge-cenge terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Paud Ake Ga;ale Malaha (Suatu Penelitian pada Anak Kelompok B di Paud Ake Ga;ale Malaha Tahun Ajaran 2022). Di bawah bimbingan Nurhamsa Mahmud, S.Pd., M.Pd dan Dr. Rosita Wondal, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Paud Ake Ga;ale Malaha terhadap permainan cenge-cenge. Data kemampuan motorik kasar anak yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dengan cara analisis deskriptif, analisis inferensial, dan uji regresi. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B di Paud Ake Ga’ale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak kelas B di Paud Ake Ga;ale Malaha dalam permainan cenge-cenge dengan rata-rata pre-test sebesar 50,00 dalam kategori rendah dan post-tes sebesar 100.00 dalam kategori tinggi. Besar pengaruh dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.003 < 0.05 menunjukan besar perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test. Hasil regresi yang diperoleh Y=62.636 + 0.599 X sehingga dapat di katakan bahwa arah pengaruh variabel adalah positif, dalam kemampuan motorik kasar akan semakin berkembang. Kata Kunci: Motorik Kasar, Permainan Cenge-Cenge, Anak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QM PG-Paud Q Science > QM PG-Paud |
Divisions: | > Pendidikan Pg_Paud > Pendidikan Pg_Paud > Pendidikan Pg_Paud |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 06:04 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 06:04 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |