Umasangadji, Finda (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP ZAT ADITIF SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (224kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (174kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (258kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (248kB) |
Abstract
Finda Umasangadji, 2024, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Konsep Zat Aditif Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Ternate. Pembimbing 1 Dr Taslim D. Nur S.Pd., M.Pd Dan Ningsi Saibi S.Pd.,M.Si Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Kota Ternate. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) pada kelas VIII-F. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus dengan jumlah 29 siswa, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus I hasil nilai siswa di peroleh sebanyak 34% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Pada aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar pada siklus I sebesar 39% meningkat menjadi sebesar 84% pada siklus II. Hasil aktivitas guru pada siklus I sebesar 54% meningkat menjadi 84% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dikarenakan siswa sudah mulai paham dan kritis terhadap materi yang disampaikan oleh peneliti. Kata Kunci : aktivitas siswa dan guru, hasil belajar, problem based learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QR Biologi Q Science > QR Biologi |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 21 Sep 2025 23:49 |
Last Modified: | 21 Sep 2025 23:49 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |