PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) BERPENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 HALMAHERA BARAT

SJAMSUDIN, SALMA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) BERPENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 HALMAHERA BARAT. Masters thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. JUDUL.pdf] Text
A. JUDUL.pdf - Published Version

Download (290kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK.pdf] Text
D. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (294kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (458kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PJBL berpendekatan STEAM terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X1 dan X4 pada materi inovasi teknologi biologi di SMAN 1 Halmahera Barat. Metode penelitian yang digunakan ialah Quasy Eksperimental. Desain quasy eksperimental yang digunakan adalah (Randomized group pretes-posttest design). Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Halmahera Barat pada bulan Oktober sampai November 2024 pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Sampel peneitian ini adalah peserta didik kelas X1 dan kelas X4, jumlah setiap kelas terdiri dari 41 orang, maka populasi berjumlah 82 orang. Instrumen penelitian yaitu menyusun modul ajar, LKPD, soal preeteset dan posttest digunakan untuk mengukur pengaruh model pembelajaran PJBL berpendekatan STEAM terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis hasil. Hasil pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis, hasil analisis disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PJBL berpendekatan STEAM berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif, dan keterampilan berpikir kritis Peserta Didik SMAN 1 Halmahera Barat pada materi inovasi teknologi biologi, dengan nilai signifikansi (Sig.) 0.010 lebih kecil dari α=0.05, dan dengan nilai signifikansi (Sig.) 0.001 lebih kecil dari α=0.05, dan nilai signifikansi (Sig.) 0.000 lebih kecil dari α=0.05, Kata Kunci : Model PJBL, Pendekatan STEAM, Hasil belajar kognitif, Keterampilan berpikir kritis,Peserta didik kelas X, SMA N 1 Halbar. v

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pascasarjana Biologi
Fakultas > Pascasarjana Biologi
Fakultas > Pascasarjana Biologi
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 00:27
Last Modified: 24 Sep 2025 00:27
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5569

Actions (login required)

View Item View Item