PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI MATRIKS

Tohau, Ahmad (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI MATRIKS. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (247kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (308kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (441kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB)

Abstract

Ahmad Tohau 2024. Pengaruh Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Pada Materi Matriks. Penelitian dibwah bimbingan Ariyanti Jalal, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Ida Kurnia Waliyanti, S.Si., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui motivasi belajar siswa setelah diterapkan model problem solving, (2). Mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa setelah diterapkan model problem solving, (3). Mengetahui model problem solving dapat berpengaruh derhadap motivasi belajar, dan (4). Mengetahui pengaruh model problem solving terhadap kemampuan koneksi matematis siswa Jenis penelitian yang mengunakan adalah Quasi Ekspereimen tipe one group pretest-posttest desigen dengan satu kelompok eksperimen. Sampel penelitian ini yaitu kelas IX IPA III SMA Negeri 10 Kota Ternate yang berjumlah 36 siswa dan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini instrumen tes yang diberikan sebelum menerapkan model problem solving dan setelah setelah menerapkan model problem solving, instrumen non tes diberikan setelah menerapkan model problem solving, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif yang mencakup mean, nilai minumun, nilai maksimum dan analisis data inferensial yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa siswa memperoleh nilai rata rata 94,60 dengan kualifikasi tinggi untuk angket motivasi belajar setelah di terapkan model problem solving. nilai rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa untuk pre-test adalah 28,20 yang bekualifikasi rendah dan post-test adalah 78,57 yang berkualifikasi tinggi. Pengujian hipotesis Motivasi Belajar menunjukan bahwa nilai F_hitung lebih besar dari F_tabel yaitu 6,14 dimana 6,14 > 3,34 artinya ditolak dan diterima atau hipotesis diterima, Selain itu pengujian hipotesis kemampuan koneksi matematis siswa menunjukan bahwa nilai sig maka hipotesis di terima. Berdasarkan data di atas bahwa model Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar. Kata Kunci: Model Problem Solving, Koneksi Matematis, Motivasi Belajar, Matriks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 00:27
Last Modified: 24 Sep 2025 00:27
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5570

Actions (login required)

View Item View Item