Basir Aba,, Nurcandani (2024) “ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI BERDASARKAN GENDER ” (Suatu Penelitian pada siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Halmahera Barat Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Unkhair.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (283kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (191kB) |
![]() |
Text
F. 1 BAB I.pdf - Published Version Download (355kB) |
![]() |
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (307kB) |
Abstract
Nurcandani Basir Aba, 2023, Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Berdasarkan Gender (Penelitian pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Halmahera Barat) Bapak Dr. Hery Suharna, S.Pd., M.Si., M, Pd., dan Ibu Diah Prawita Sari, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai kesalahan konsep, prinsip, fakta dan keterampilan yang terdapat pada siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal pada materi trigonometri. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang siswa yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Penelitian siswa mengungkap perbedaan hasil tes pada materi trogonometri. Penelitian kualitatif deskriptif merupakan jenis analisis dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian kesalahan siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Trigonometri diketahui bahwa kesalahan terbanyak dilakukan oleh laki-laki sedangkan kesalahan terkecil dilakukan oleh perempuan pada kelas XI IPA 1 SMA N 11 Haha Imahera Barat, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Kesalahan penyelesaian soal trinonometri yang dilakukan siswa laki-laki didasarkan pada jenis kesalahan penulisan yang diketahui dalam soal yaitu simbol ; kesalahan konseptual dimana penerapan rumus dan langkah yang tidak tepat atau materi yang tidak dipahami. ; kesalahan prinsip yaitu menentukan rumus ; Kesalahan prosedur siswa dalam menyelesaikan soal tidak sesuai dengan langkah-langkah dan operasi penyelesaian sehingga jawaban akhir tidak benar. 2. Kesalahan penyelesaian soal trinonometri yang dilakukan siswa perempuan didasarkan pada jenis kesalahan penulisan fakta yang diketahui dalam soal yaitu simbol ; kesalahan konseptual dimana penerapan rumus dan langkah yang tidak tepat atau materi yang tidak dipahami. ; kesalahan prinsip yaitu menentukan rumus ; Kesalahan prosedur siswa dalam menyelesaikan soal tidak sesuai dengan langkah-langkah dan operasi penyelesaian sehingga jawaban akhir tidak benar. Kata Kunci : Kesalahan Siswa, Trigonometri, Gender
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QA Matematika Q Science > QA Matematika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:50 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:50 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |